Sejarah, Arti, Perkembangan Logo Apple - fery menulis Sejarah, Arti, Perkembangan Logo Apple ~ fery menulis

Minggu, 01 April 2012

Sejarah, Arti, Perkembangan Logo Apple

logo apple
Apa yang ada dibenak Anda ketika melihat logo sebuah apple yang tergigit seperti gambar di samping? Pasti dibenak Anda akan langsung terbayang dengan deretan gadget-gadget canggih saat ini seperti iPhone, iPod, atau iPad. Ya, gambar tersebut adalah logo dari perusahaan komputer raksasa dunia Apple Inc. . Namun tahukah Anda sejarah dan arti dari logo tersebut. Berikut sedikit informasi tentang sejarah dan arti logo Apple.

Sebelum menjadi logo Apple seperti sekarang, logo Apple telah mengalami beberapa kali perubahan. Logo Apple yang pertama sedikit rumit yaitu berupa gambar Issac Newton yang sedang duduk membaca buku dibawah pohon apple. Logo tersebut di rancang oleh Ronald Wayne pada tahun 1976.




logo apple pertama


Logo Apple yang Pertama Tahun 1976

Steve Jobs berpikir bahwa logo itu sedikit terlalu intelektual dan terlalu detail, yang membuat logo itu sulit diingat. Selanjutnya pada tahun 1977 Rob Jannof mendesain ulang logo Apple. Desain logonya sangat simple yang terdiri dari sebuah apel yang sedikit tergigit dan diisi dengan warna pelangi. Meskipun susunan warnanya dibuat keliru.

rob jannof
Rob Janoff dan Logo Apple Ciptaanya

Menurut Janoff bekas gigitan yang ada pada apple tersebut pada awalnya dibuat sebagai variasi yaitu untuk membedakan bahwa gambar tersebut adalah apple bukanlah jeruk atau tomat. Sementara warna pelangi tersebut dicetuskan sendiri oleh Steve Jobs. Penempatan warna pelangi yang keliru tersebut bukanlah tanpa alasan. Penempatan warna tersebut bermaksud untuk menunjukkan filosofi "Keluar dari aturan baku" yang berarti kebebasan dan keberanian perusahaan untuk berinovasi dan merevolusi teknologi.

Banyak orang percaya pemilihan logo Apple tersebut berkaitan dengan beberapa hal berikut :

  • Mengenang Alan Turing, bapak komputer dunia yang mengakhiri hidupnya dengan memakan buah Apple yang mengandung sianida.
Alan Turing

  • Mengenang Issac Newton yang diceritakan menemukan teori hukum gravitasi setelah melihat sebuah apel yang jatuh dari pohon.
Issac Newton

  • Berawal dari kegemaran Steve Jobs yang vegetarian terhadap buah apel. Sehingga dia memutusakan untuk menamakan dan memberi logo perusahaanya dengan buah apel.
  • Terinspirasi dari grup band legendaris The Beatles, yang terdapat logo Apple di salah satu albumnya.
The Beatles dalam Logo Apple

Perusahaan yang dicetus oleh Steve Jobs tersebut telah menggunakan logo Apple tersebut selama 22 tahun sejak tahun 1977. Sampai pada tahun 1997 setelah kembalinya Steve Jobs ke perusahaan Apple. Steve Jobs memutuskan untuk memodifikasi logo Apple menjadi lebih minimalis yaitu logo Apple monokromatik. Pengantian logo tersebut untuk mengikuti perkembangan jaman dan memberi maksud bahwa perusahaan Apple telah memasuki millenium baru dunia teknologi.

Logo Apple Sekarang


sumber : dari berbagai sumber

1 komentar:

wah jadi nambah pengetahuan ni gan...BTW tlong di pasang link ke blog ane yah..punya agan kan udah nongkrong di blog ane..salam kenal

Poskan Komentar