Pure Saturday : Profil Band Indie Legendaris Indonesia - fery menulis Pure Saturday : Profil Band Indie Legendaris Indonesia ~ fery menulis

Minggu, 13 Mei 2012

Pure Saturday : Profil Band Indie Legendaris Indonesia

Pure Saturday adalah grup band indie yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Mungkin nama band ini masih sangat asing terdengar bagi Anda, bahkan lagu-lagunya pun pun mungkin belum pernah Anda ketahui. Namun perlu Anda ketahui, band ini terbentuk sejak tahun 1994 di Bandung dengan formasi Muhammad Suar Nasution (vokal, gitar), Aditya Ardinugraha (gitar), Yudistira Ardinugraha (drum), Ade Purnama (bass), dan Arief Hamdani (gitar). Boleh dikatakan bahwa band ini merupakan pelopor bagi lahirnya banyak grup musik indie di Indonesia.

Pure Saturday

Band ini pada awalnya bernama "Tambal Ban", nama yang kurang enak di dengar dan terdengar sangat umum. Akhirnya terpilih nama "Pure Saturday" sebagai nama baru band mereka. Nama ini diambil karena hari Sabtu merupakan hari latihan, sejak pagi hingga menjelang subuh. Jadi hari Sabtu benar-benar mereka gunakan untuk kegiatan bermusik.

Musik yang mereka bawa begitu unik dan berbeda dari kebanyakan grup musik yang ada pada saat itu (1990-an). Musik mereka simple namun catchy dan lirik yang mereka bawa mengusung tema sosial. Hal ini justru membawa angin segar bagi pecinta musik di tanah air. Pada tahun 1994 mereka mengikuti ajang "Festival Musik Unplugged" se-Jawa dan DKI Jakarta. Tidak di sangka, di ajang ini Pure Saturday mendapat Juara Pertama kategori Umum. Suatu hal yang sangat membanggakan bagi mereka. Nama Pure Saturday pun semakin dikenal. Mereka mulai banyak manggung mengisi acara-acara musik dan keluar masuk stasiun radio.

Ketenaran Pure Saturday membuat seorang produser bernama Ambari yang juga merupakan manajer dari band PAS untuk memproduseri album perdana mereka. Akhirnya pada tahun 1996 album perdana mereka "Pure Saturday" di rilis. Album ini dikerjakan secara indie dan di pasarkan secara mail order lewat sebuah majalah remaja di Jakarta. Pada awalnya album ini hanya di rilis 5000 kopi saja. Beberapa bulan kemudian setelah album ini dirilis, ada seorang produser rekaman menawari mereka untuk rekaman. Akhirnya Pure Saturday menandatangani kontrak dengan manajemen Ceepee Production.

Album perdana mereka berisi delapan lagu (Silence, Kosong, a song, Desire, Simple, Enough, Open Wide dan Coklat). Lagu Kosong terpilih untuk dibuat video klip. Album ini ternyata mendapat sambutan bagus di masayarakat. Lagu-lagu Pure Saturday dinilai sangat fresh, dan tidak mengikuti trend musik pada saat itu. Pure Saturday menyuguhkan warna musik yang lain, maksudnya diantara musik-musik keras yang sedang naik daun pada saat itu. Pure Saturday malah menyuguhkan musik yang slow tapi gahar.

Album Perdana "Pure Saturday" - 1996

Di tahun 1999 Pure Saturday merilis album kedua. Album ini di beri nama "Utopia" dan dirilis di bawah bendera Aquarius Musikindo. Album ini terdiri dari 11 lagu. Lagu berjudul "Di Bangku Taman" menjadi lagu andalan di album ini.

Album kedua "Utopia" - 1999

Karena kesibukan dengan keluarga dan bisnis, Pure Saturday sempat menghilang dari dunia musik Indonesia. Sang vokalis, Suar, meninggalkan Pure Saturday pada tahun 2004. Setelah pencarian panjang, akhirnya Satria "iyo", sang manajer band, mengisi posisi vokalis. Dengan vokalis baru, Pure Saturday akhirnya merilis album ke tiga mereka yang berjudul "Elora" pada Maret 2005 dibawah naungan FastForward Records.

Album ketiga "Elora" - 2005

Di tahun 2007 Pure Saturday kembali merilis album bertajuk "Time For A Change, Time To Move On" di bawah naungan Lil’Fish Records. Album ini berisikan 10 lagu yang di ambil dari album-album Pure Saturday sebelumnya dan 2 buah lagu baru. Album ini berfungsi sebagai sebuah retrospektif. Bagi para penggemar Pure Saturday. Lagu-lagu yang di album ini tidak perlu diceritakan lagi. Semuanya menceritakan kisah panjang perjalanan Pure Saturday dalam 11 tahun yang telah berlalu sejak dirilisnya debut album mereka. Untuk mereka fans-fans baru Pure Saturday, album ini adalah sebuah dokumentasi penting akan sebuah era "Pure Saturday".

Album keempat "Time For A Change, Time To Move On" - 2007

Mari kita dukung terus band-band indie Indonesia untuk terus berkarya dan memajukan musik Indonesia.

1 komentar:

Jasa Cetak Cd | Vcd | Dvd
http://www.indieinmind.com/
Alamat :
JL. Mawar No.A12,(Ruko Baru) Pisangan Ciputat, Tangerang Selatan 15419
Contact : 081314241107 / 088808050240
Pin BB : 7DFA53FD
No WA : 081314241107

Posting Komentar