Budaya Pop Modern Korea di Dunia - fery menulis Budaya Pop Modern Korea di Dunia ~ fery menulis

Senin, 26 November 2012

Budaya Pop Modern Korea di Dunia


Dari waktu ke waktu, perkembangan budaya pop Korea semakin menyebar ke seluruh dunia. Tidak hanya di Asia, budaya pop modern Korea juga mulai menjamah benua Eropa dan Amerika. Perkembangan budaya pop modern korea ini tidak lepas dari perkembangan film Korea. Film-film Korea beberapa tahun terakhir ini mampu berkembang dan semakin populer di dunia. Sehingga budaya Korea pun juga mau tidak mau ikut populer. Termasuk trend fashion Korea, yang saat ini mulai mendunia. Mulai dari busana fashion Korea, hoodie, jaket, tas korea, assesoris Korea, sampai model make up saat ini mudah sekali menjadi trend di kalangan anak muda di dunia termasuk di Indonesia.

Budaya Pop Modern Korea di Dunia
Budaya Pop Modern Korea di Dunia
Film Korea terkenal dengan ceritanya yang romantis, imajinasi yang indah, dan karakter pemain yang khas, serta pemeran utama yang cantik dan tampan sehingga mudah diterima dan disukai oleh siapa saja. Hal ini merupakan daya tarik film Korea yang sangat kuat bagi penonton, sehingga film-film korea mudah untuk segera populer di seluruh dunia.

Dari film-film inilah budaya Korea diperkenalkan. Mulai dari cara berpakaian, makanan, cara berbicara, dan etika orang Korea. Tidak heran apabila makanan Korea ikut menjadi fashion dan trend. Sehingga munucullah anggapan bahwa memakai busana fashion korea, berbicara dengan gaya Korea, dan makan makanan Korea adalah trend. Dan trend tersebut seolah tidak mampu ditolak oleh mereka para penggemar Korea. Sungguh sesuatu yang ironi dimana budaya asli negeri sendiri kalah bersaing dengan budaya dari luar yang notabene belum tentu sesuai.

Musik Korea juga menjadi sangat populer mengikuti perkembangan film-film Korea. ada banyak sekali artis-artis Korea yang mempu meraih kesuksesan di dua bidang sekaligus, musik dan film. Saat ini Korea telah memiliki festival sendiri. Festival ini biasa disebut Festival Musik Korea, di festival ini terlibat semua artis dan musisi Korea dari semua generasi di Korea.

Bahasa Korea adalah bahasa resmi digunakan di Korea baik di Korea Selatan maupun Korea Utara. Bahasa ini digunakan oleh hampir 80 juta orang di Korea Utara dan Korea Selatan. Bahasa Korea secara perlahan mampu menunjukkan eksistensinya di dunia berkat perkembangan Film dan Musik Korea. Banyak orang di dunia ingin mempelajari bahasa Korea.

Perkembangan Budaya Pop Modern Korea di Dunia yang begitu pesat ini tentu tidak lepas dari peran pemerintah. Pemerintah Korea sangat concern atau peduli untuk mengembangkan budaya Pop Korea. Pemerintah Korea menyediakan anggaran khusus untuk menangani bidang ini. Kebijakan pemerintah Korea ini tebukti mampu memberikan kemudahan bagi perkembangan dunia hiburan di Korea. Sehingga jangan heran kalau saat ini Anda menjumpai budaya Korea di mana-mana. Sesuatu yang patut untuk di ambil pelajaran bagi bangsa Indonesia dalam mengembangkan budaya Indonesia agar mampu mendunia. Seperti kita ketahui bersama Indonesia lebih kaya akan keanekaragaman budaya. Jangan sampai budaya kita menjadi asing di negeri sendiri.

3 komentar:

Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

Tentang Indahnya INDONESIA

www.jelajah-nesia.blogspot.com

kita juga punya nih artikel mengenai kebudayaan, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2593/1/Arst-9.pdf

belajr budaya Korea pasti harus belajar bahasa koreanya dulu kan?? salam kenal ya mas bro saya Zie Kim, alias Zilya lagi pengen belajar bgt bahasa Korea. ditunggu kunjungan baliknya ya^^

Posting Komentar