Menghilangkan Pikiran Negatif dan Berpikir Positif - fery menulis Menghilangkan Pikiran Negatif dan Berpikir Positif ~ fery menulis

Minggu, 06 Januari 2013

Menghilangkan Pikiran Negatif dan Berpikir Positif

Bagi sebagian orang berpikir negatif mungkin sudah menjadi kebiasaan dan bagian dari kehidupan. Ketika kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Pikiran negatif dengan begitu mudahnya muncul dalam benak kita. Namun sadarkah Anda? Pikuran negatif tidak akan pernah menguatkan Anda, dan justru akan memperburuk perasaan Anda dan pada akhirnya membawa Anda ke dalam jurang kegagalan. Tentu Anda tidak menginginkanya bukan?

Menghilangkan Pikiran Negatif dan Berpikir Positif
Berpikir Positif
Untuk itu sangat penting bagi kita untuk memiliki kemamupan dalam mengatasi dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif tersebut. Memang cukup sulit dan perlu dibiasakan, karena terkadang pikiran-pikiran negatif tesebut muncul begitu saja tanpa sebab yang jelas. Berikut adalah beberapa tips cara menghilangkan pikiran negatif yang bisa Anda praktikkan :

1. Hiduplah di Saat Ini
Salah satu hal yang sering membuat kita cemas adalah terlalu memikirkan masa lalu atau masa depan. Masa lalu biarlah berlalu dan jadikan pelajaran. Masa depan adalah ketidakpastian. Jangan membuat diri Anda menderita dengan kegagalan di masa lalu dan ketakutan akan masa depan. Hidup Anda adalah sekarang dan saat ini. Sadarilah hanya masa kini yang dapat kita kontrol.

2. Senantiasa Berpikir Positif
Jika Anda selalu berpikir positif dengan sendirinya hal-hal positif akan datang dan kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya jika Anda selalu berpikiran negatif maka hal-hal negatif akan datang dan menimpa Anda. Ini merupakan hukum universal yang berlaku di alam. Orang biasa menyebutnya dengan "Law of Attraction" atau "Hukum Ketertarikan". Hukum yang berlaku di alam layaknya sebuah hukum gravitasi. Biasakanlah untuk selalu berpikir positif setiap saat.

3. Katakan Hal Positif Pada Diri Anda Sendiri
Selalu katakanlah pada diri Anda bahwa Anda adalah seorang yang kuat, bahwa Anda mampu, dan tidak mudah putus asa. Katakanlah hal tersebut berulang-ulang pada diri Anda ketika Anda mulai bangun tidur dan ketika Anad menjalani hari. Tidak peduli apakah hari itu Anda harus mengambil sebuah keputusan yang sulit atau Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri.

4. Fokus Pada Hal Positif
Seringkali kita lupa akan apa yang telah kita miliki dan lebih fokus terhadap apa yang tidak kita miliki. Apakah Anda lupa bahwa mulai Anda membuka mata Anda telah merasakan nikmat yang begitu besar dari-Nya? Kita masih bisa membuka mata, bernafas, merasakan udara pagi, dan begitu banyak nikmat lainya. Satu hal yang membuat kita tidak bahagia adalah kita sering lupa untuk besyukur. Buatlah sebuah daftar rasa syukur. Setiap hari tuliskanlah lima atau enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil di sekitar Anda seperti "Hari ini cerah". Selama Anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika Anda mulai berpikiran negatif cobalah baca kembali daftar tersebut.

5. Jangan Terus Berdiam Diri
Telusuri dan temukan hal apa yang bisa membuat Anda berpikiran negatif. Kemudian perbaiki dan atasi dan kembalilah maju. Jika hal tersebut tidak bisa Anda diperbaiki janganlah mengeluh dan menyesal. Mengeluh dan menyesal hanya akan membuang waktu dan menghabiskan energi Anda. Terima dan hadapi apa yang telah terjadi, petiklah hikmah dan ambil pelajaran dari hal tersebut.

6. Bergeraklah
Bergerak atau berolahraga dapat melepaskan hormon endorphin yang mampu membuat perasaaan Anda menjadi lebih baik. Apakah itu sekadar berjalan-jalan, atau sekedar meluangkan waktu untuk bersih-bersih rumah. Aktifitas fisik dapatr membuat diri Anda merasa lebih baik. Ketika Anda mulai merasa tertekan atau down, aktifitas olahraga selama lima belas menit dapat membuat Anda merasa lebih baik.

7. Mencoba Hal-hal Baru
Berpikirlah untuk mencoba hal-halbaru. Temukan dan jelajahi hal-hal baru di sekitar Anda. Baik itu hal-hal kecil maupun hal-hal yang besar. Jangan terpaku dengan rutinitas. Dengan mencoba hal-hal baru dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Dengan mencoba hal-hal baru dapat membuat kehidupan Anda selalu bertumbuh. Jauhkan pikiran "Ya, tapi...'. Katakanlah "Ya, tidak ada salahnya saya mencoba...". Pengalaman baru, kecil ataupun besar akan membuat hidup terasa lebih bahagia dan bermanfaat.

8. Ubah Cara Pandang Anda
Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana. Carilah cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Temukan hal-hal positif dari kejadian tersebut. Kemudian bersyukurlah. Di dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dan dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

 Di dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dan dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

9. Hadapi Rasa Takut Anda
Perasaan negatif muncul dari rasa takut Semakin takut Anda akan hidup, semakin banyak pula pikiran negatif yang muncul dalam diri Anda. Jangan biarkan diri Anda di kuasai oleh rasa takut. Jika Anda takut akan suatu hal, lakukan hal itu. Hidup adalah pilihan. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan langkah kita.

Itu tadi beberapa Cara Untuk Menghilangkan Pikiran Negatif dan membuat Anda selalu berpikir positif. Mulailah menanamkan pikiran-pikiran positif dan hilangkan jauh-jauh pikiran negatif dari diri Anda. Perbanyaklah bersyukur. Keep Positive!

1 komentar:

Saya sependapat dengan penulis,tpi ide saya ada baiknya pd point ke 4 soal mensyukuri kita masih bisa membuka mata dan bernafas dihari ini,tambahkan sedikit kata: dan ada baiknya kita membuat ibadah subuh unk mensyukuri kasihNya.ini akan membuat kita lebih percaya diri dan berani menghadapi tantangan,krn kita telah menyerahkan aktivitas kita hari ini kepadaNyA.

Poskan Komentar